Sejarah Musik Pop di Indonesia dan Penyanyinya Dari Berbagai Zaman

sejarah musik pop di indonesia dan penyanyinya dari berbagai zaman

Musik pop merupakan salah satu musik yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia dan memang  sudah lama ada di Indonesia. Awal musik pop mulai berkembang di Indonesia adalah pada tahun 1960an. Pada masa itu musik ini sangat disukai oleh remaja dan anak muda. Musik pop merupakan jenis musik yang wajib diiringi alat musik berikut ini yaitu gitar melodi dan Rhythm, piano, bass gitar, dan juga drum. Grup musik pop yang merupakan grup paling populer waktu itu adalah Koes Plus. Koes Plus telah mengeluarkan banyak album dan bahkan ratusan lagu. Koes Plos bahkan mengeluarkan lagu bergenre lain seperti Melayu, Keroncong, Lagu anak-anak, Pop jawa, dan bahkan Dangdut. Musik karya Koes Plus memiliki melodi yang khas, lirik yang easy listening, dan musiknya yang sederhana. Dulu musik pop di Indonesia terbagi menjadi jenis musik pop anak dan dewasa. Namun sekarang sepertinya musik pop anak sudah sangat jarang. Banyak anak kecil yang menyanyikan lagu pop dewasa yang temanya seputar percintaan. Padahal seharusnya anak kecil mendengarkan lagu yang sesuai dengan usia mereka misalnya yang bertema pendidikan, orang tua, ataupun tanah air.

Grup musik pop yang paling populer pada zaman dulu adalah Koes Plus, dengan ciri khas yang mereka miliki berhasil membius para pecinta musik di Indonesia. Mereka bahkan merupakan pencetus musik genre pop dan rock n roll di Indonesia. Sekarang ini perkembangan musik pop di Indonesia semakin maju, semakin banyak penyanyi solo maupun grup dengan karyanya yang semakin berkualitas. Berikut adalah beberapa penyanyi solo yang mengusung genre pop dengan lagu mereka. Yang pertama ada Agnez Mo, siapa yang tidak kenal mantan penyanyi cilik bernama Agnez Monica ini. Agnez memulai karir menyanyinya sebagai trio bersama 2 penyanyi cilik lainnya. Semakin dewasa Agnez akhirnya mengeluarkan album sebagai penyanyi solo yang akhirnya sekarang dia sudah menjadi penyanyi wanita yang go Internasional. Yang kedua ada Raisa yang merupakan penyanyi pop yang sedang populer saat ini. Raisa mulai terkenal sejak single pertamanya yang berjudul Serba Salah. Sebelum agnez monica dan Raisa, dulu telah populer penyanyi pop wanita solo Titiek Puspa. Penyanyi yang memiliki nama lengkap Sudarwati ini merupakan salah satu penyanyi pop yang memiliki single pertama berjudul Di Sudut Bibirmu. Tidak hanya menjadi penyanyi, Titiek Puspa juga seorang aktris yang telah banyak membintangi banyak film layar lebar. Selanjutnya ada penyanyi Afgan Syahreza yang memiliki suara khas ini mulai menjadi penyanyi sejak tahun 2008 dan populer berkat single nya yang berjudul Terima Kasih Cinta. Itu adalah penyanyi solo Indonesia yang mengusung genre pop, untuk grup band nya ada Ungu, Noah, Armada, Lyla, Radja, Nidji, dan masih banyak lagi. Sedang untuk grup vokalnya ada Kahitna, Tangga, Project Pop, GAC, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait : Sejarah Lahirnya Musik Rock di Tanah Air

Itulah sedikit sejarah tentang musik Pop di Indonesia dan juga penyanyi-penyanyi pop Indonesia yang tidak hanya populer di Indonesia saja namun juga di negara lain. Saat ini jumlah penyanyi pop di Indonesia entah yang solo maupun grup. Makin banyak juga penyanyi Indonesia yang berhasil go Internasional seperti Agnez Mo, Anggun C Sasmi, Sandy Sandoro, dan banyak lagi yang lainnya. Masyarakat Indonesia memang memiliki banyak penggemar musik pop, apakah anda salah satunya?

Please follow and like us: