Sejarah Lahirnya Musik Rock di Tanah Air

sejarah lahirnya musik rock di tanah air

Musik merupakan salah satu media hiburan berupa kesenian yang sudah lahir dari jaman dahulu kala. Dari waktu ke waktu, seiring dengan perkembangan zaman banyak jenis – jenis musik baru yang lahir sebagai perkembangan dari perjalanan musik itu sendiri. Ada beberapa faktor yang mendasari perkembangan musik, antara lain keadaan sosial dan politik pada masa tertentu, selera yang sedang menjadi trend Pada masa itu, dan lain sebagainya. Salah satu bentuk perkembangan musik adalah lahirnya genre – genre atau aliran – aliran musik baru yang muncul. Salah satu aliran musik yang muncul sebagai bukti bahwa musik terus berkembang adalah musik rock. Aliran ini tergolong dalam aliran musik modern karena baru muncul sekitar tahun 1950an yang merupakan perkembangan dari aliran musik pendahulunya yaitu country dan blues. Aliran musik yang memiliki ciri khas dari dominan nya suara gitar listrik dan gitar akustik ini mulai lahir dan dikenal pada pertengahan 50an. Unsur musik yang membentuk aliran musik ini adalah gabungan antara musik country dengan aliran musik rhythm and blues. Namun Seiring berjalannya waktu, aliran musik ini juga mengambil beberapa unsur dari aliran musik lain seperti folk, jazz, dan beberapa musik Klasik.

Aliran musik rock muncul pertama kali di negara Amerika pada pertengahan tahun 50-an. Musik ini terdiri dari beberapa gabungan instrumen seperti gitar listrik, bass, keyboard, dan drum. Meski tidak selalu namun salah satu ciri lain dari musik aliran Rock adalah dan ritmenya yang cenderung keras dan cepat. Warna musik ini sangat menggambarkan dengan selera generasi muda yang penuh dengan semangat dan cenderung menggebu nggebu. Itulah mengapa dari awal kemunculannya musik ini banyak memiliki peminat hingga saat ini. Kepopuleran dari aliran musik ini membuat beberapa negara lain mulai mengenal serta menyukainya salah satunya seperti di Indonesia. Musik rock muncul pertama kali di Indonesia pada sekitar tahun 70-an. Band-band yang pertama kali membawakan musik rock sebagai usungan aliran musiknya adalah God Bless, Super kid, gipsy, Rawa Rontek, dan masih banyak lagi. Sejak awal kemunculannya aliran musik ini langsung banyak mempunyai penggemar karena seperti yang sudah dikatakan tadi ciri khas musiknya cenderung keras cepat dan menggebu-gebu yang sangat cocok dengan selera generasi muda.

Seiring dengan berkembangnya waktu musik rock melahirkan beberapa musik turunan, beberapa di antaranya antara lain Underground, alternative Rock, heavy metal, dan punk rock. Sekitar Pada tahun 1988 komunitas musik rock pertama kali muncul di kota Jakarta. Komunitas musik rock ini biasa berkumpul di suatu tempat yang bernama pid bub. Setiap akhir pekan mereka mengadakan pertunjukan yang menampilkan band band rock dari kota-kota lain. Tujuannya adalah untuk membangun solidaritas antar sesama komunitas rock juga untuk Menghidupkan aliran musik ini. Waktu pun berlalu begitu pun dengan aliran musik rock yang terus berkembang. Aliran-aliran rock baru pun bermunculan Pada masa itu seperti aliran underground, trash metal, gothic metal dan scream. Ciri khas dari aliran-aliran yang disebutkan tadi adalah warna musiknya yang terkesan “dark” dan kelam. Memasuki era 90-an muncul gerakan yang bernama independent. Gerakan ini muncul akibat banyaknya grup band serta artis yang tidak berhasil menembus perusahaan rekaman besar. Musik ini digagas oleh salah satu band rock di Indonesia bernama Pas Band.

Please follow and like us: