Pesona Musik Ska Yang Merupakan Cikal Bakal Musik Reggae

pesona musik ska yang merupakan cikal bakal musik reggae

Apa itu Ska? Ska adalah salah satu genre musik yang berasal dari Jamaika sekitar tahun 1950an. Ska ini merupakan cikal bakal genre musik reggae dan rocksteady. Mengenai sejarah genre musik Ska ini, periodenya terbagi menjadi 3 bagian yaitu periode Ska asli Jamaika, periode Ska 2 Tone Inggris, dan juga gerakan Ska ketiga. Periode Ska asli sendiri berlangusng sekitar tahun 1960an, sedangakn periode keduanya berlangusng sekitar tahun 1970an. Dan periode ketiga inilah yang mengantarkan Ska kepada masa jayanya di Amerika sekitar tahun 1990an. Ada banyak sekali lagu yang mengusung genre musik Ska ini, di Indonesia sendiri ada beberapa grup atau penyanyi yang karya-karyanya bergenre Ska. Grup yang pertama adalah Shaggy Dog dengan lagunya yang berjudul lagu Rindu yang memiliki irama mengalir seperti Reggae. Lagu genre ini paling asik bila didengarkan saat kita nongkrong dengan teman-teman.

Di posisi kedua ada lagu Tipe-X yang berjudul Ciuman Pertama. Selain single ini, Tipe-X juga memang sudah dikenal dengan karyanya yang bagus dan berkualitas. Lagu-lagu Tipe-X memang banyk disukai oleh para anak muda. Lagu selanjutnya adalah lagu dari Shaggy Dog lagi yang berjudul Hey Cantik. Lagu ini suka sangat terasa genre Ska nya, dengan lirik dan irama lagu yang mengalir membuat kita para pendengar musik mereka terpesona. Selanjutnya lagu dari Shaggy Dog juga yang berjudul Honey, band asal Jogja ini memang sudah tak diragukan soal karyanya yang semuanya enak didengar. Lagu yang terakhir adalah dari Youngster City Rocker yang berjudul Shake Your Hand. Lagu inipun cocok untuk dinyanyikan bersama saat kita sedang nongkrong bersama teman-teman dengan diiringi petika gitar. Selain lagu-lagu karya musisi dalam negeri, ada juga grup atau band yang mengusung genre Ska sebagai genre lagu mereka. Yang pertama ada Toots and the maytals, grup yang populer pada tahun 70an ini sempat populer dan menjadi banyak inspirasi bagi grup lain. yang kedua ada Reel Big Fish yang merupakan band asal Amerika dan memiliki lagu populer yang berjudul Sell Out. Ada lagi grup The Mighty Mighty Boss yang juga sempat populer sekitar tahun 1997 dengan album mereka yang bertajuk Let’s Face It. Selain itu ada juga grup Sublime, The Specials, The Skatalites, The Beat, Madness, dan juga Streetlight manifesto. Sebenarnya masih ada banyak lagi grup musik yang mengusung Ska sebagai genre musik mereka. Musik memang merupakan hal yang sudah menjadi hal penting dalam kehidupan. Tidak sedikit musik yang memang terinspirasi dari kehidupan yang kita alami. Genre musik Ska merupakan salah satu dari sekian banyak genre musik yang sekarang sudah banyak memiliki penggemarnya. Meski tak sebanyak penggemar musik pop, namun genre musik ska ini telah memiliki tempat di hati para penggemarnya.

BACA JUGA : Pesona Lagu Karya Sang Legenda The Beatles

Selain musisi Indonesia di atas, beberapa grup ini juga mengusung genre musik Ska untuk karya-karya mereka yaitu Souljah dan Heavy Monster. Mungkin sebagian dari anda sudah mengenal siapa itu grup Souljah. Band ayng terdiri dari 6 anggota ini awalnya mmeiliki aliran Ska, namuan akhirnya memilih reggae sebagai aliran bermusik mereka pada tahun 1998. Itu tadi beberapa musisi yang menciptakan berbagai karya dengan genre musik Ska yang merupakan perpaduan antara jazz, mento, dan calypso.

Please follow and like us: