Penyanyi Seriosa di Indonesia dari Masa ke Masa

penyanyi seriosa di indonesia dari masa ke masa

Bagi generasi muda, apakah anda tau apa musik seriosa itu? Di tengah maraknya genre musik baru yang lebih populer, aliran musik yang satu ini lambat laun mulai ditinggalkan dan dilupakan khususnya oleh para muda – mudi di Indonesia. Arti Seriosa, menurut kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI merupakan jenis irama lagu yang dianggap serius karena membutuhkan tekhnik vocal yang lebih tinggi, yang dibedakan dari irama keroncong, atau orama hiburan; dalam  perlombaan peseera seriosa lebih banyak dari peserta keroncong. Namun secara umum, pengertian seriosa adalah teknik bernyanyi yang membutuhkan teknik vokal yang sangat serius dimana seseorang harus mempunyai vibrasi yang baik serta suara yang lebih tinggi. Melihat pengertian – pengertian mengenai seriosa ini sepertinya akan lebih tepat apabila disebut sebagai teknik bernyanyi – bukan salah satu aliran musik. Menurut beberapa pendapat, teknik menyanyi dengan seriosa cenderung lebih sulit dari teknik bernyanyi lainnya. Untuk itu, Jika diperhatikan dengan baik umumnya para penyanyi seriosa tidak melakukan banyak gerakan ketika sedang tampil untuk mengekspresikan serta menyampaikan isi dari lagu yang dibawakannya. Penyanyi seriosa hanya menggunakan ekspresi dari wajahnya untuk menggambarkan lagu yang dibawakannya.

Seriosa masuk ke Indonesia  pada abad di sekitar ke 16 an yang dibawa oleh Belanda masuknya  teknik bernyanyi seriosa  ke Indonesia ini  memberikan  inspirasi  beberapa pemusik  di Indonesia pada masa itu  dalam menciptakan karya seninya. Itulah mengapa, seriosa di Indonesia syarat akan budaya serta nilai historis. Indonesia memiliki penyanyi penyanyi seriosa dari masa ke masa. Untuk itu, hari ini kita akan membahas beberapa tokoh seriosa yang telah berkiprah di ranah musik tanah air dari masa ke masa. Yang pertama adalah Cornel Simanjuntak. Beliau adalah pemrakarsa lahirnya Seriosa di Indonesia, tepatnya pada tahun 1930. Selanjutnya ada Pranowo Djojodinito atau lebih akrab dengan sapaan pranadjaja. Beliau lahir di Yogyakarta pada tanggal 11 Desember tahun 1929 serta wafat di usia 67 tahun tepatnya pada tanggal 2 November tahun 1997. Beliau adalah seorang sopran atau penyanyi seriosa yang juga merupakan pendiri dari Bina vokalia yang hingga kini telah memiliki sekitar lebih dari 15 cabang dan memiliki murid lebih dari 3000 siswa. Selanjutnya ada pranawengrum katamsi.  Wanita yang akrab disapa dengan sapaan rum ini mulai mencintai dengan seriosa sejak duduk di bangku SMA. Beliau berasal dari Yogyakarta dan memulai karirnya melalui lomba-lomba seriosa tingkat pelajar.

Setelah beberapa tokoh sopran yang telah disebut di atas yang berperan sebagai penyanyi seriosa di Indonesia pada masa lampau, berikut ini ada beberapa penyanyi seriosa modern yang bertahan pada tekhnik vocal Klasik ini di tengah berbagai macam aliran musik yang populer yang ada di Indonesia. Mereka adalah Christopher Abimanyu dan putri ayu. Christopher abimanyu adalah seorang sopran yang mulai dikenal Setelah memenangkan Festival bintang radio yang di selenggarakan pada tahun 1985. Beliau kemudian mendirikan sekolah musik yang diberi nama dengan CASS yang merupakan akronim dari Christopher abimanyu singing school yang beralamat di Bandung. Sedangkan putri ayu adalah Penyanyi Seriosa muda yang mulai diKenal lewat ajang pencarian bakat yang digelar beberapa tahun lalu di salah satu stasiun TV di Indonesia. Dia juga pernah memenangkan medali emas Saat mengikuti kompetisi di samarinda dengan bernyanyi Seriosa.

Please follow and like us:

2 comments to Penyanyi Seriosa di Indonesia dari Masa ke Masa

  • Renda Hati  says:

    memang kalo soal teknik ini, dalam 3 tahun terakhir saya selalu menjagokan Putri Ayu. Salut buat dia

  • Dewi Lestari  says:

    Sekarang yg lagi” naik daun ya si isyana. tapi putri ayu ga kalah kualitas kok

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>